Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Mengetahui Asli dan Tidaknya Batu Akik Atau Batu Permata Secara Benar Dan Akurat

Posted by SERBA SERBI



Cara Mengetahui Asli dan Tidaknya Batu Akik Atau Batu Permata Secara Benar Dan Akurat

Serba Serbi -  Saat Asyiknya memilih batu maka pembeli akan terlintas pertanyaan apakah batu yang mau dibeli ini asli atau batu olahan, tetapi sudah terlanjur suka dengan salah satu batu pilihan. Maka sebelum membeli hendaknya kita harus mengetahui apakah batu itu benar-benar asli atau cuma olahan.

Saat ini saya akan menjelaskan berbagai jenis kategori batu yang marak diperjualbelikan



1. Batu Kristal/Crystal Stone
Jenis bebatuan ini merupakan jenis batu yang sangat keras dibanding jenis batu biasa. Tekstur batu ini sangat bagus dan mengandung salah satu element yang bisa di teliti dalam lab tertentu, sehingga perlu pengetesan secara spesifikasi. Batu kristal atau Crystal stone keberadaannya biasanya ada disekitar perut bumi dengan kedalaman tertentu atau bisa juga dalam lubang gua buatan yang memang tujuannya untuk mencari bebatuan ini. Jenis Batu ini sangat jarang ditemui kalo adapun harganya sangat mahal, karena dinilai dari kesulitan dalam pencariannya dan kelangkaan batu tersebut. Saat ini salah satu batu termahal didunia masih dipegang oleh Crystal Diamond dan Blue Diamon. Jenis batu ini biasanya dicari oleh pertambangan besar yang memiliki peralatan cangih dan moderen yang khusus untuk mencari batu kristal.

2. Batu Kristal Olahan Lab
Jenis batu ini biasanya sudah mengunakan unsur pembentukan yang mengalami unsur kimiawi, dihasilkan oleh pecahan-pecahan batu kristal potongan yang disatukan. Jika hasil yang didapat itu bagus bisa dikatakan harga jualnya pun tak kalah dengan indukan potongan pada batu kristal. Dan yang mampu mengabungkan pecahan-pecahan batu tersebut tentunya orang yang benar-benar mengerti tentang kimia unsur bebatuan, sehingga hasil yang dikeluarkanpun bisa maksimal

 3. Batu Semi Kristal
Jenis batu ini biasanya dijumpai banyak orang dipertambangan biasa, unsur batu dan kristal sebanding dengan nilai kekerasan yang bagus. Batu semi krystal memiliki daya jual yang bagus dan bisa diketegorikan mahal. Banyak beredar di masyarakat indonesia jenis batu ini misalnya pada penemuan bacan,giok,kecubung dan bayak juga jenisnya.batu jenis ini dinilai berdasarkan unsur ketegory elemenya yang mendekati kristal, jika paduan kristalnya tinggi maka bisa dipastikan harga jualnya mahal. Untuk mengetahui asli dan tidaknya perlu pengetesan dari pihak lab terkait perbatuan yang sudah mahir.

4. Jenis bebatuan motif (akik)
Jenis ini biasanya di dapatkan dengan mudah dimana saja asal tau pengolahannya, batu yang tidak berharga pun bisa memiliki nilai jual, dengan pengolahan profesional dari ahlinya pembuat batu.misal batu indonesia yang terkenal dengan motifnya yang bagus adalah pirus dengan warna birunya yang mengoda ditambah motif alurnya diyakini memiliki tingkat daya tarik yang bagus. Jenis pirus pula banyak macamnya semakin bayak kandungan tembaganya semakin tua warna biru batu tersebut. Bebatuan jenis akik ini nilai kekerasannya bisa dikatakan sama dengan bebatuan biasa yang kita jumpai.

5 Jenis Batu Obsidian
Sebenarnya ini bukan batu melainya endapan larva atau unsur kimia alam yang menyerupai krystal, beragam warna yang ditampilkan secara mencolok hampir sama dengan kristal. Jenis ini tingkat kekerasanya bisa dikatakan sangat rendah dibandingkan jenis lainnya. Banyak masyarakat indonesia menjual bebatuan jenis ini dengan harga murah dan tentunya memang ini bukan batu karena pencariannya pun tidak perlu menambang bisa didaptkan di pegunungan pingiran sungai atau didasaran pegunungan. Banyak pula yang terkecoh dengan jenis ini karena hasilnya bagus dan cenderung sinarnya juga mengoda seperti kristal. Ciri-ciri batu obsidian yakni, jika batu tersebut tidak memiliki retakan maupun serat didalamnya bisa dikatakan bahwa batu tersebut jenis obsidian. Ciri lainya misalnya orang menawarkan batu kecubung dengan warna unggu tua yang mengoda tapi motif,serat maupun lempengan didalamnya sempurna atau tidak ada bisa dipastikan itu bukan batu melainkan obsidian.

6. Jenis batu buatan dari kaca
Biasanya dengan maraknya penjualan batu, Ahli kaca pun tidak mau ketinggalan dengan trend yang lagi beredar. mereka membuat kaca menyerupai batu kristal dengan cara pemotongan yang bagus cuting yang sempurna berpola seperti pengolahan kristal. Jadi masyarakat harus waspada dengan jenis ini mending langsung ditanyakan ke lab jika mau membeli soalnya kaca ini mirip sekali dengan kristal. perbedaannya dengan kristal, jika itu berwarna bening atau warna-warna cerah yang lain bisa dipastikan suatu saat bisa mengalami kusam seperti pada kaca umumnya dan tentunya bisa digores dengan batu biasa

7. Jenis batu buatan mengunakan kimia "resin"
Jenis ini bukan batu tapi banyak dijual dimasyarakat dengan pola tekstur sesuai keinginan pembuat. Misal tekstur yang menggoda puser bumi,didalam batu ada gambar semacam hewan,tulisan maupun seperti mahluk halus. Untuk jenis ini sangat mudah mengenali atau menghindari, jika penjual menawarkan dengan jenis semisal yang saya sebutkan, pengetesannya cuma dengan cara membakarnya dengan korek api. Dan sudah pasti meleleh karena bahan dasarnya adalah sejenis akrilik


Cara pengetesan Batu

saat ini banyak metode yang digunakan untuk pengetesan batu akan tetapi metode sebenarnya yang paling valid adalah mengetesnya langsung kepada lab-lab yang sudah resmi. jangan asal menebak itu asli apa palsu karena pengetasan yang selama ini ada belum bisa dijadikan acuan.

Contoh pengetesan mengunakan Touchscreen pada ponsel android berbasis capasitif atau sentuh jari bukan tekan. Tidak semua batu asli bisa dites pada ponsel ini justru yang palsu juga bisa di tes dan gerak. Saya ambil contoh giok yang beredar walau asli tidak bisa dites pada ponsel layar sentuh ini, ada juga Kecubung dan pirus kecuali pirus biru tua yang mengandung banyak unsur tembaga, dari kedua jenis itu juga belum tentu bisa dites pada ponsel layar sentuh. Misal bebatuan yang bisa diujikan pada layar sentuh yakni bacan,black onyx,solar dan masih banyak lagi. Kalo Jenis Krystal sudah tentu dapat mengerakkan layar pada ponsel Touchscreen.

hayo gimana masih binggung dalam mengatasinya mending langsung tanyakan pada lab uji bebatuan.
oke teman hanya ini dulu opini serba serbi mungkin kita akan lanjutkan jika menemukan hal-hal bagus lainya  selamat mencoba.

Related Posts: